Desain saluran pembuangan dirancang untuk menyalurkan gas hasil pembakaran mesin ketempat yang aman bagi pengguna mesin. Gas hasil pembakaran umumnya panas, untuk itu saluran pembuangan harus tahan panas dan cepat melepaskan panas. Saluran pembuangan tidak boleh melewati atau berdekatan dengan material yang mudah terbakar atau mudah rusak karena panas. Meskipun tampak sederhana, desain sistem pembuangan cukup berpengaruh terhadap performa mesin.
Umumnya Komponen dalam sistem pembuangan terdiri dari :
·
Kepala silinder, dimana pipa pembuangan dimulai, kecuali pada
mesin dua langkah dimana saluran pembuangan ditempatkan dibagian bawah dinding
silender.
·
Exhaust manifold atau exhaust header, dimana pipa dari beberapa
ruang bakar/silinder bergabung.
·
Catalytic converter untuk menurunkan kadar gas beracun, CO, HC
dan NOx
·
Knalpot, pipa untuk mengalirkan gas hasil pembakaran.
·
Peredam suara atau disebut juga muffler, yang berfungsi untuk
meredam suara. Padasepeda motor, peredam bunyi ada di dalam knalpot sedangkan
pada mobil umumnya terlihat dengan jelas berupa tabung sebelum ujung pipa
pembuangan.
Selain itu ada opsional komponen berupa Turbocharger yang
menggunakan tenaga atau energi yang masih tersisa untuk memutar turbin
agarudara yang akan dimasukkan ke ruang bakar bertekanan sehingga mesin akan
menghasilkan tenaga yang lebih besar.
0 komentar:
Post a Comment